Minggu, 23 September 2007

Kesimpulan

Berdasarkan Gaya Gambar

Setelah diteliti dengan seksama, adanya kesamaan desain kemasan produk ambre manis ini campbells, sebuah gambar soup tomato yang digambar oleh andy warholl, seorang tokoh yang berasal pada masa pop art (tahun 1960-1970an).

Jadi, dapat diambil hipotesa bahwa produk ambre manis mengadopsi gaya gambar pop art. Alasannya:

· Adanya kesamaan warna

· Komposisisi yang mirip dengan campbells

· Jenis Font…..??

· Teknik Reproduksi Pop art menerima pengadaan secara manual(silk screen), begitu juga pada kemasan ini

Penjelasan Visual:

Adanya gambar dari seorang tokoh wayang yaitu Djanoko yang juga disebut Janaka pada tokoh perwayangan yang berasal dari Mahabrata.

Sekilas mengenai tokoh perwayangan Djanoko atau Janaka:

· Raja Janaka adalah raja di kerajaan Mithila. Ia lahir di Janakpur, Nepal; ia dikisahkan dalam Ramayana sebagai ayah Sita dan ada pula sumber mengenai dirinya di Brihadaranyaka Upanishad, Mahabharata dan Purana.

· Janaka tidak hanya seorang raja yang gagah berani, namun juga ahli di bidang sastra dan Weda selayaknya seorang resi. Ia adalah murid kesayangan Yajnavalkya, yang merupakan Brahman dalam wujud raja, pada bab satu kitab Brihadaranyaka Upanishad. Dalam Bhagawad Gita, Sri Kresna menggunakan Janaka sebagai contoh Karma yoga.

· Raja Janaka juga disebut sebagai seorang Rajaresi yang memiliki pengetahuan spiritual dan meraih predikat resi, meskipun ia seorang raja yang memerintah di Mithila. Ia juga dilatih oleh Resi Ashtawakraa.

· Menurut wiracarita Mahabharata, Janaka adalah ras para raja yang memerintah Kerajaan Wideha dari ibukota mereka, Mithila. Ayah Sita (istri Raghava Rama) bernama SÄ«radwaja Janaka. Mahabharata menyebutkan banyak Raja Janaka lainnya yang merupakan sarjana besar dan hidup seperti resi meskipun mereka adalah raja. Mereka senang berbincang-bincang mengenai agama dengan banyak resi.

Pengunaan tokoh wayang Djanoko, menurut saya adalah sebuah simbolisasi. Sepertinya pembuatnya ingin bungkus rokok memuat gambar yang akrab di lingkungan masyarakat, karena sekitar tahun 70an, sebuah stasiun televisi yaitu TVRI memiliki sebuah acara atau serial perwayangan yang bernama Ria Janaka yang pada saat itu memang sedang popular.

Mungkin diambil tokoh Djanoko karena ingin menampilkan kepribadian dari Janaka yang seorang raja pada cerita perwayangan. Desain produk ini mungkin ingin menampilkan bahwa produknya ini sebuah produk yang berclass tinggi/ high class, ingin memunculkan sifatt atau pribadi maskulin seperti tokoh Janaka yang gagah berani.

Adanya gambar padi, ingin menampilkan kemakmuran dari negeri Indonesia. Dari pengunaan warna merah juga menunjukkan kemakmuran (berdasarkan kebudayaan tionghua).